Resep Honeycomb

Pernah denger Crunchie? Iya, Crunchie-nya Cadbury yang sayangnya engga di jual di beberapa hypermart terkenal di Indonesia:( Mau coba? Ada tiga pilihan nih, bisa beli di toko jajanan impor, beli online atau bikin sendiri di rumah.

Loh, Honeycomb apa sih? Honeycomb itu sarang lebah (youdontsay-_-) wkwk. Ga denggg, honeycomb itu karamel yang bentuknya mirip sarang lebah karena bolong-bolong. Kenapa tuh bisa bolong-bolong? Karena dikasih baking soda (bicarbonate of soda) dan glucose syrup. Karamel bakal bereaksi sama kedua bahan tadi sehingga dihasilkan karbon dioksida yang kemudian akan terperangkap sama karamel. Engga ngerti ya:( ku juga bingung wkwk.

Next, glucose syrup memang agak susah dicari. Kalau mau ganti yang lain, bisa coba pakai corn syrup atau bahkan madu. Untuk madu, gue belum pernah nyoba. Tapi, mbak Gemma dari biggerbolderbaking coba buat pakai madu hasilnya fine-fine aja (y). Perlu diingat, kemampuan terbentuknya karbon dioksida hasil reaksi dari glucose syrup, corn syrup dan madu berbeda-beda, jadi gue merekomendasikan untuk pakai glucose syrup. Kalau bingung harus beli dimana, minggu lalu gue beli online disini.

Anyway, gue pakai resepnya Tasty. Biar lebih mudah, bisa dilihat dulu video mereka yang superduper simple. Oiya, ini gue bikinnya setengah porsi .3.

HONEYCOMB TOFFEE | RESEP

Bahan:

1 cup gula
1/4 cup glucose syrup
1/6 cup air
1/2 sdm baking soda

Cokelat secukupnya untuk coating

Cara membuat:

Masukkan gula, glucose syrup, dan air kedalam panci. Aduk hingga ketiga bahan tersebut tercampur. Pasang candy thermometer dan nyalakan api sedang.

Olesi pinggiran panci dengan kuas sampai tidak ada gula yang menempel.

Matikan api ketika suhu pada candy thermometer mencapai 300 F atau 149 C. Pindahkan panci dari kompor dan masukkan baking soda. Aduk selama 5 detik dan diamkan selama 5 detik (campuran karamel dan baking soda akan mengembang dan berubah warna menjadi kuning).

Pindahkan campuran karamel dan baking soda ke dalam mangkuk yang telah dilapisi kertas roti (non-stick baking paper). Jangan keruk dasar panci.

Diamkan selama 1 jam. Lepaskan kertas roti. Hancurkan Honeycomb sesuai selera. Coat dengan cokelat dan sajikan.

Catatan:

Panci yang digunakan harus tinggi karena ketika ditambahkan baking soda, karamel akan mengembang cukup tinggi.

Baking soda harus disaring untuk menghindari adanya gumpalan. Soalnya gumpalan baking soda itu superduper aneh rasanya wkwk.

Perhatikan posisi ujung candy thermometer! Pastikan ujungnya tidak menyentuh dasar panci!

Pinggiran panci harus diolesin air pakai kuas biar sisa-sisa gula yang nempel ga bakal gosong. Gue tau trik ini dari mbak Ann (howtocookthat.net).

Cokelat untuk coating kalau bisa real chocolate, jangan compound chocolate karena rasanya kurang enak. Kalau mau kayak crunchie, bisa pakai dairy milk. Tapi ini sangat sesuai selera.

Setelah dihancurkan, honeycomb yang terkena udara bakal lengket. Jadi harus gercep nih. Kalau udah super lengket, mungkin bisa dimasukin kulkas sebentar.

Serpihan honeycomb bisa dimasukin ke dalam cokelat. Jadilah chocolate bark yum.

Rendam panci dengan air sekitar 20 menit biar karamel yang nempel bisa larut.

Hati-hati makannya. Kalau bisa bagi-bagi ke orang lain. Namanya manusia kadang suka lupa diri. Ini karamel loh, kalo kebanyakan nanti bisa diabetes (ga juga deng wkwk).

Selamat mencoba!

20160820_081915

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s