Pengertian zaman Pra-Aksara

Zaman pra-aksara atau zaman pra-sejarah adalah zaman manusia belum mengenal tulisan. Zaman pra-aksara juga disebut zaman nirleka, yang berarti zaman ketika tulisan belum ditemukan.

Setiap bangsa tidak sama dalam meninggalkan zaman pra-aksaranya. Masuknya suatu bangsa ke zaman sejarah bergantung adanya penemuan tulisan. Hal ini dilihat pada angka tahun pada catatan tersebut. Berbagai sumber informasi untuk mengetahui akhir zaman pra-aksara di berbagai kawasan antara lain Mesopotamia,  Mesir, Australia, dan Indonesia.

Mesopotamia memasuki zaman sejarah sejak 3.500 tahun sebelum masehi ketika mereka mulai menggunakan aksara gambar (pictograf) sederhana untuk menghitung dan mencatat berbagai kejadian.

Mesir memasuki zaman sejarah sekitar 3000 sebelum masehi dengan dipakainya aksara yang disebut hieroglif,

Sedangkan Australia khususnya penduduk asli benua australia mulai memasuki zaman sejarah pada abad XVIII. ketika orang-orang berkulit putih mulai memperkenalkan tulisan kepada mereka.

Bangsa Indonesia sendiri memasuki zaman sejarah di abad ke V. Hal ini di buktikan dengan adanya Prasasti Yupa di daerah Kutai, Kalimantan Timur. Prasasti Yupa adalah batu yang tegak permukaannya dipahat dengan huruf pallawa yang berisi tentang jasa-jasa raja Mulawarman.

Gambaran tentang masa pra-aksara ini dapat diketahui melalui penelitian terhadap sumber sejarah tertulis, yaitu sumber benda yang dapat membantu mengungkapkan kehidupan masa pra-aksara. sumber benda itu adalah fosil dan artefak.

Fosil adalah sisa makhluk hidup yang telah membatu karena tertimbun dalam tanah dengan waktu yang sangat lama. fosil yang dapat memberi petunjuk tentang kehidupan zaman purba adalah fosil pandu (leitfosil)

Sedangkan Artefak adalah alat-alat yang dibutuhkan manusia purba untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, alat-alat ini biasanya terbuat dari batu, tulang, ataupun logam.

Kita menggunakan benda-benda peninggalan sejarah atau yang disebut sumber sejarah. sumber sejarah ada tiga, yaitu:

  1. sumber sejarah berupa benda
  2. sumber sejarah berupa tulisan
  3. sumber sejarah berupa lisan
About these ads

2 Comments (+add yours?)

  1. verdi
    Aug 02, 2010 @ 10:07:44

    blog nya bagusssss ku sdang cari2 pr dapet disini….

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: